Langsung ke konten utama

Feasibility Analysis

A. Feasibility Analysis adalah proses menentukan apakah suatu bisnis layak atau tidak untuk dieksekusi, berdasarkan hasil analisis yang telah dijalankan.

Feasibility Analysis penting karena membantu kita realistis memutuskan layak atau tidaknya suatu bisnis untuk dijalankan.


B. Feasibility Analysis Menganalisa 4 Aspek:

1. Product/Service Feasibility

a. Product/service desirability

b. Product/service Demand


2. Industry/Target Market Feasibility

a. Industry/target market attractiveness


3. Organizational Feasibility

a. Management prowess

b. Resources sufficiency


4. Financial Feasibility

a. Total start-up cash needed

b. Financial performance of similiar business

c. Overall financial attractiveness


1. Product/Service Feasibility

Adalah penilaian mengenai seberapa menariknya produk/jasa yang diusulkan.


2. Industry/Target Market Feasibility

Adalah penilaian mengenai seberapa menariknya industry/target market yang dipilih untuk produk/jasa yang ada.


3. Organizational Feasibility

Adalah penilaian tentang apakah suatu bisnis memiliki keahlian manajemen yang memadai, organisasi yang kompeten, serta sumber daya yang cukup untuk memulai usaha


4. Financial Feasibility

Adalah proses analisa, perkiraan performa keuangan bisnis tersebut, mulai dari modal, pendapatan, dan lain sebagainya.

Serta penilaian tentang apakah suatu bisnis layak dijalankan berdasarkan perbandingan antara jumlah modal yang diinvestasikan dengan resiko serta perkiraan ROI yang didapatkan.


C. Feasibility Analysis Template

Template/format yang digunakan perusahaan dalam melakukan feasibility analysis adalah First Screen.

Disebut first screen karena feasibility analysis merupakan awal dalam menentukan layak/tidaknya suatu bisnis untuk dijalankan.


Opini Pribadi

Menurut saya, feasibility analysis adalah hal yang bukan hanya penting namun juga wajib untuk dilakukan. Dengan menggunakan feasibility analysis kita dapat membuat keputusan yang tepat karena adanya data dari riset/analisa yang telah dilakukan.


Referensi:

Bruce R. Berringer; R. Duane Ireland. Entrepreneurship: Introduction to entrepreneurship (pp. 78-95).United States of America:Pearson.



Komentar