Design thinking adalah kombinasi antara intuisi dan analitik yang dapat juga disebut sebagai cara berpikir, bekerja bukan secara vertikal namun horizontal, orientasi manusia, serta meningkatkan cara berkomunikasi dan menyampaikan wawasan-wawasan yang baru.
Dalam prosesnya, design thinking menggunakan teknik observasi dan menyimak agar mendapat kesimpulan yang lebih baik lagi serta menggali dengan lebih dalam. Sifat design thinking adalah interatif dan dapat berubah-ubah sesuai dengan perkembangan dunia yang ada.
5 tahapan dalam design thinking, sebagai berikut :
1. Pengamatan : Proses mempelajari audiens yang ada
2. Perumusan masalah : Mencari tahu mengetahui permasalahan yang paling mendasar
3. Ideasi : Proses menggunakan brainstorming
4. Purwarupa : Menguji pendapat atau asumsi kita kepada orang lain
5. Solusi : Untuk mengetahui apa yang berguna dan penting
Pada saat intution emotion, masalah yang terjadi sebagai berikut :
1. Empatize
2. Define
3. Ideate
4. Prototype & test
Pada saat ratio logik, masalah yang terjadi sebagai berikut :
1. Analisis situasi
2. Menetapkan
3. Solusi
4. Evaluasi
Alasan mengapa design thinking disukai :
1. Karena design thinking fokus pada apa yang dibutuhkan manusia
2. Karena design thinking dapat mempromosikan pendekatan belajar
3. Karena design thinking mngandalkan kreativitas dan logika
4. Pelajaran terbaik yang didapatkan adalah pelajaran saat mengalami kegagalan
Design thinking
1. Penelitian yang mendalam : Melakukan pengamatan, bertanya, mendengarkan dan menyimak
2. Fokus : mengembangkan empati
3. Menciptakan ide : brainstorming
4. Pengambilan keputusan : menganalisa dan melakukan penilaian
5. Prototype : Mmeberikan umpan balik
6. Kolaborasi : evaluasi dan motivasi
10 prinsip design thinking
Berorientasi dan meninjau aksi
Mendukung adanya perubahan
Melihat masa depan
Fokus pada manusia
Mengutamakan empati
Mengandalkan proses yang dapat diadaptasi
Dinamis
Meminimalisir risiko
Kombinasi anatara logika & kreativitas
Berbagi makna
Bisnis konvensial :
-visi orientasi
- usaha kecil yang ingin menjadi besar
- berinvestasi
Bisnis sosial :
visi sosial
tujuannya untuk kita semua
memperdaya atau menipu masyarakat
strategi komersial dan strategi pemberdayaan berkelanjutan
Komentar
Posting Komentar